http://www.claimfans.com

Jumat, 28 September 2012

Simulasi Bencana Di Akhiri Dengan Pengukuhan Kelompok Siaga Bencana


KLATEN-Warga masyarakat kelurahan Kepurun, kecamatan Manisrenggo, kabupaten Klaten bersama dengan warga kelurahan Bawukan, kecamatan Kemalang, kabupaten Klaten rabu(27/9/2012) melakukan pelatihan simulasi yang bertujuan supaya warga semakin sigap menghadapi bencana terutama dampak erupsi dari Gunung Merapi. Acara ini terdiri lebih dari 250 peserta termasuk relawan KSB (Kelompok Siaga Bencana) dari desa Kepurun dan Bawukan. Selain dari KSB acara ini juga di bantu SAR klaten, PMI klaten, Rescue Turahan Awu Balerante dan PALEM RESCUE Kepurun. Simulasi ini di mulai sejak pukul 09:00wib sampai pukul 11:00wib dan berkumpul di pos pengungsian di depan balai desa Kepurun. Wargapun terlihat sangat antusias mengikuti acara tersebut.

Simulasi di mulai dari tahap status "aktif normal" sampai dengan "waspada". Pada tahap ini relawan KSB (kelompok siaga bencana) sudah mulai berkoordinasi untuk tahap selanjutnya jika status meningkat menjadi siaga.Lalu para relawan pun langsung melakukan sosialisasi kepada warganya melalui kordinator di setiap dusun. Setelah status menjadi “siaga” evakuasi sudah mulai dilakukan kepada kelompok rentan termasuk orang jompo, balita, ibu hamil, dan orang-orang yang cacat. Pada waktu status "awas" semua warga sudah harus meninggalkan rumah menuju ke titik-titik kumpul terdekat dan di teruskan ke pos pengungsian.

Setelah acara simulasi berakhir dilanjutkan dengan pengukuhan KSB desa kepurun dan bawukan oleh Camat Manisrenggo yaitu Bapak Wahyudi Martono S.sos di depan balai desa Kepurun. “Kami atas nama pemerintah kecamatan merasa bangga, dengan penuh hormat kepada saudara saudara kelompok siaga bencana kepurun maupun bawukan yang telah bersedia menjadi relawan bencana” ungkap bapak Camat saat acara pengukuhan berlangsung. Selain itu bapak kepala kecamatan manisrenggo juga mengungkapkan kekagumannya kepada para relawan yang benar-benar iklas membantu sesama. Sebagai relawan bencana dengan tulus iklas tanpa pamrih, ini adalah sesuatu yang sangat luar biasa” ujar beliau. (RD/LJ)

0 komentar:

Posting Komentar

Saran dan kritik merupakan dorongan bagi kami untuk selalu berupaya ada. Silahkan berkomentar, jangan lupa kasih nama dan alamat, hanya yang meninggalkan identitaslah kami akan merespon.

Followers

AutoBacklinkGratisFree Promotion LinkFree Smart Automatic BacklinkMalaysia Free Backlink Services MAJLIS LINK: Do Follow BacklinkLink Portal Teks TVjapanese instant free backlink Free Plugboard Link Banner ButtonFree Automatic Backlink Service Free Auto Backlink Free Automatic Backlink
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost