http://www.claimfans.com

Kamis, 15 Maret 2012

Antusias Masyarakat Dusun Petung Dalam Menghadapi Bahaya Primer Merapi


LAJUR MERAPI – KLATEN - Meningkatkan pengetahuan untuk mengurangi dampak dari siklus erupsi merapi, maka masyarakat Dusun Petung Sidorejo, Kemalang, Klaten mengadakan pertemuan ditempat salah seorang warga (Permana 14/03/2012). 

Foto: Pram-LJ
Pertemuan yang dimulai Pukul 19.30 - 22.30 WIB ini adalah tindak lanjut dari pertemuan warga yang sebelumnya merencanakan kegiatan WLPB (Wajib Latih Penanggulangan Bencana) dan juga tindak lanjut dari pembuatan program dana siaga/ lumbung pengungsi (simpanan warga) yang berfungsi membantu meringankan beban warga dikala mengungsi. Dan dana tersebut di kumpulkan tiap selapan (35 hari) di simpan di bank. Dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan masyarakat berdaya dalam menghadapi bencana erupsi merapi.
 
Foto: Pram-LJ
Kegiatan WLPB (Wajib Latih Penanggulangan Bencana) didampingi oleh anggota PASAG Merapi yang telah terlatih/ di latih oleh BPPTK dan di percaya untuk menyampaikan  pengetahuan tentang merapi kepada masyarakat umum, warga Dusun Petung sangat antusias mengikuti kegiatan, dalam kegiatan ini masyarakat diajak mengenali karakter letusan merapi juga mengingat kembali dampak yang terjadi di tahun 2010 sekaligus letusan-letusan merapi sebelumnya.

Pertemuan kali ini baru tahap pengenalan merapi dan mempelajari dampak-dampak erupsi. Dilihat Dari pelajaran itu ternyata banyak kebutuhan-kebutuhan yang harus dan perlu di lakukan oleh masyarakat yang berada di kawasan rawan bencana. Melihat dari pengalaman-pengalaman sebelumnya, ternyata masyarakat harus berbagi tugas dalam mengkondisikan warga/ kampungnya.  dan warga masyarakat mufakat untuk membuat protap (prosedur tetap) atau pembagian peran dalam menghadapi ancaman dari erupsi merapi.

Tetapi karena pembuatan protap membutuhkan waktu yang cukup lama, warga Dusun Petung sepakat menentukan waktu untuk mengadakan pertemuan selanjutnya. Dan dalam pertemuan selanjutnya setelah selesai membuat protap, warga Dusun Petung juga merencanakan untuk mengadakan simulasi. Dengan begitu warga di Kawasan Rawan Bencana telah siap betul menghadapi ancaman primer merapi.

Kiriman: Pram-LJ

free counters

0 komentar:

Posting Komentar

Saran dan kritik merupakan dorongan bagi kami untuk selalu berupaya ada. Silahkan berkomentar, jangan lupa kasih nama dan alamat, hanya yang meninggalkan identitaslah kami akan merespon.

Followers

AutoBacklinkGratisFree Promotion LinkFree Smart Automatic BacklinkMalaysia Free Backlink Services MAJLIS LINK: Do Follow BacklinkLink Portal Teks TVjapanese instant free backlink Free Plugboard Link Banner ButtonFree Automatic Backlink Service Free Auto Backlink Free Automatic Backlink
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost