http://www.claimfans.com

Selasa, 14 Februari 2012

Oknum Pencuri Menjarah Sejarah


Lajur Merapi-Sleman-(Selasa 14 Februari 2012)-Oknum-oknum pencuri telah menjarah arca-arca Candi Gebang di Desa Gebang, Kelurahan Wedomartani Kecamatan Ngemplak Kabupaten Sleman-Yogyakarta pada tahun 1940, kemudian pada November 1989, kepala arca Nandiswara juga dicuri, hingga saat ini kasus pencurian tersebut tidak terungkap.

Saat pertama kali ditemukan pada tahun 1936, Candi Gebang dalam kondisi runtuh total. Endapan lahar gunung Merapi juga nampak menimbun bangunan tersebut. Beberapa wilayah di Yogyakarta menunjukkan bahwa banyak bangunan candi yang tertimbun material vulkanik gunung Merapi, diantaranya Candi Kedulan, Candi Sambisari, Candi Kadisoka, serta Candi Morangan.

Masa pendirian Candi Gebang tidak diketahui secara pasti, tetapi dilihat dari ciri arsitekturnya diperkirakan Candi Gebang dibangun sekitar tahun 730 - 800 Masehi. Ciri arsitektur tersebut nampak dari sebuah arca wajah pada bagian atap candi yang seolah-olah melongok dari sebuah jendela. Ciri semacam ini dinamakan Kudu, relief Kudu juga dijumpai di candi Bima pada komplek percandian Dieng.

Candi Gebang selesai dipugar pada tahun 1940, terlihat bahwa sejumlah arca pengisi relung candi pada bagian bangunan sisi utara dan selatan lenyap dicuri. Hanya di sisi barat saja yang masih berisi arca Ganesha yang duduk di atas lapik berbentuk Yoni. Ganesha merupakan simbol dari dewa penghilang segala marabahaya.

Secara administratif, Candi Gebang terletak di desa Gebang, kelurahan Wedomartani, kecamatan Ngemplak, kabupaten Sleman, Yogyakarta, sedangkan secara astronomi candi ini terletak pada 110° 24', 53.62" BT dan 07° 45.01'' LS.

Penamaan candi yang ditemukan tahun 1936 ini didasarkan pada lokasi candi tersebut berada, yaitu di desa Gebang. Penamaan sebuah candi selain dari keberadaan lokasinya, juga bisa dinamai berdasar legenda yang dikenal masyarakat setempat, atau juga bisa berdasarkan pada penyebutan dari sebuah prasasti.(Vey-LJ/ Editor: EM-LJ Aspirasi)

Gambar Arca Nandiswara, sebelum kepalanya dicuri November 1989. Foto diambil pada 25 Januari 2012/ Vey.

Arca Nandiswara tanpa kepala Candi Gebang di Desa Gebang Kelurahan Wedomartani Kecamatan Ngemplak Kabupaten Sleman-Yogyakarta. Foto diambil pada 25 Januari 2012/ Vey.

Arca Ganesha di sisi barat bangunan Candi Gebang di Desa Gebang Kelurahan Wedomartani Kecamatan Ngemplak Kabupaten Sleman-Yogyakarta. Foto diambil pada 25 Januari 2012/ Vey.

 
Arca Ganesha, simbol dewa penghilang segala marabahaya yang terletak di Candi Gebang di Desa Gebang Kelurahan Wedomartani Kecamatan Ngemplak Kabupaten Sleman-Yogyakarta. Foto diambil pada 25 Januari 2012/ Vey.


Candi Gebang di Desa Gebang Kelurahan Wedomartani Kecamatan Ngemplak Kabupaten Sleman-Yogyakarta. Foto diambil pada 25 Januari 2012/ Vey.

free counters

0 komentar:

Posting Komentar

Saran dan kritik merupakan dorongan bagi kami untuk selalu berupaya ada. Silahkan berkomentar, jangan lupa kasih nama dan alamat, hanya yang meninggalkan identitaslah kami akan merespon.

Followers

AutoBacklinkGratisFree Promotion LinkFree Smart Automatic BacklinkMalaysia Free Backlink Services MAJLIS LINK: Do Follow BacklinkLink Portal Teks TVjapanese instant free backlink Free Plugboard Link Banner ButtonFree Automatic Backlink Service Free Auto Backlink Free Automatic Backlink
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost