http://www.claimfans.com

Minggu, 05 Februari 2012

Begitu Indah dan Kayanya Merapiku


Merapi (ketinggian puncak 2.968 m dpl, per 2006) adalah gunung berapi di bagian tengah Pulau Jawa dan merupakan salah satu gunung api teraktif di Indonesia. Lereng sisi selatan berada dalam administrasi Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan sisanya berada dalam wilayah Provinsi Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Magelang di sisi barat, Kabupaten Boyolali di sisi utara dan timur, serta Kabupaten Klaten di sisi tenggara. Kawasan hutan di sekitar puncaknya menjadi kawasan Taman Nasional Gunung Merapi sejak tahun 2004.

 Foto Aan Mazaox

Mendengar kata merapi sudah tidak asing lagi bagi kita, apalagi bagi masyarakat yang hidup didaerah Lereng Merapi. Erupsi Gunung Merapi pada tahun 2010 masih ada dalam ingatan sebagian masyarakat Lereng Merapi, selain erupsi timbul bencana lainnya yaitu lahar dingin. Dampak dari bencana alam yang dihasilkan dari erupsi Merapi dan lahar dingin, mengakibatkan gangguan fisik dan psikis bagi sebagian masyarakat Lereng Merapi yang tertimpa Erupsi Merapi dan lahar dingin.

Disinilah aku tinggal dan menjalani kehidupan sehari-hari tepatnya disebelah barat Gunung Merapi, yang berjarak kurang lebih 5,5 km dari Puncak Merapi, yaitu di Dusun Trono Desa Krinjing Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang. Desa Krinjing merupakan salah satu kawasan rawan bencana (KRB III).

Anggapan orang lain tentang kehidupan masyarakat Lereng Merapi yang selalu memandang sebelah mata terutama terhadap anak-anak, remaja dan pemuda yang hidup didaerah Lereng Merapi mengenai segi pendidikan sampai materi / ekonomi. Tapi semua itu tidak membuat patah semangat untuk anak-anak, remaja dan pemuda Lereng Merapi untuk ber-aktualisasi diri mengejar prestasi.

 Foto: Afrinal Axis Media Inside.

Aku bahagia hidup di Lereng Merapi dengan kesederhanaan, keramahan dan keasrian lingkungan sekitar merapi.  Merapi bukan sebuah momok yang menakutkan bagi sebagian masyarakat Lereng Merapi saat memuntahkan awan panas atau wedus gembel. Di kawasan Lereng Merapi memiliki kesuburan, keindahan, padang rumput yang luas, pohon-pohon yang rimbun, udara yang sejuk, dan batu pasir yang bagus dan melimpah. Begitu indah dan kayanya merapiku.

By: SW-LJ
Editor: EM-LJ

free counters

0 komentar:

Posting Komentar

Saran dan kritik merupakan dorongan bagi kami untuk selalu berupaya ada. Silahkan berkomentar, jangan lupa kasih nama dan alamat, hanya yang meninggalkan identitaslah kami akan merespon.

Followers

AutoBacklinkGratisFree Promotion LinkFree Smart Automatic BacklinkMalaysia Free Backlink Services MAJLIS LINK: Do Follow BacklinkLink Portal Teks TVjapanese instant free backlink Free Plugboard Link Banner ButtonFree Automatic Backlink Service Free Auto Backlink Free Automatic Backlink
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost