http://www.claimfans.com

Selasa, 24 Januari 2012

Jembatan Alat Penghubung Masyarakat

Jembatan merupakan alat penghubung mayarakat yang terhalang oleh arus sungai, dengan adanya jembatan maka hubungan masyarakat dengan daerah lain bisa berjalan dengan baik. Begitu berartinya keberadaan jembatan bagi kehidupan masyarakat di sekitaran sungai. 

Jembatan gantung yang menghubungakan Dusun Suko Desa Sewukan Kecamatan Dukun dan Dusun Tlatar Desa Krogowanan Kecamatan Sawangan (BDY-LJ)

Jembatan gantung yang terletak di Desa Sewukan Kecamatan Dukun yang menghubungkan dengan Desa Tlatar Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang. Jembatan gantung yang baru selesai dibuat untuk mengganti jembatan yang pertama, dimana jembatan yang pertama mengalami longsor akibat bencana yang disebabkan oleh lahar dingin.

Menurut sumber yang ditemui, jembatan ini dibuat sekitar bulan Juli 2011 dan sempat terhenti dikarenakan di bawahnya sempat dibangun jembatan darurat yang dibuat oleh masyarakat sekitar. Baru sekitar pertengahan bulan oktober jembatan gantung bisa dilanjutkan kembali.

Selain jembatan gantung yang menghubungkan Dusun Suko dan Dusun Tlatar, diatas sungai Pabelan terdapat juga jembatan Cinta yang jarakanya sekitar + 500 m dari Jembatan Gantung. Jembatan Cinta yang diresmikan pembuatannya pada 11 Juni 2011. Dimana jembatan cinta ini untuk menggantikan jembatan yang pertama yang rubuh akibat lahar dingin. Jembatan Cinta sebagai alat penghubung antara Dusun Candi Pos Desa Sengi dan Dusun Tlatar Desa Krogowanan Kecamatan Sawangan. (Doc. FPRB Sengi 2011).

Pada hari Selasa 24 Januari 2011 jembatan Cinta di bongkar untuk dibuatkan jembatan yang permanen seperti Jembatan gantung yang menghubungakan Dusun Suko Desa Sewukan Kecamatan Dukun dan Dusun Tlatar Desa Krogowanan Kecamatan Sawangan.


Jembatan Cinta yang selesai pembongkarannya semenjak pagi hari pada hari Selasa 24 Januari 2012. (BDY-LJ)


“Jembatan Cinta sengaja dibongkar karena mau dibuatkan secara permanen” Tutur Wawan selaku koordinator dari Dusun Candi Pos Desa Sengi.


Bapak Purnomo, ST kasi pembangunann Desa Sengi serta warga masyarakat Desa Sengi ikut andil untuk melakukan gotong royong dalam membongkar Jembatan Cinta pada hari Selasa 24 Januari 2011 (BDY-LJ).

Gotong Rotong Masyarakat Desa Sengi untuk mengangkut benda-benda bekas Jembatan Cinta yang dibongkar. (BDY-LJ)

 “Jembatan Cinta dibuat dari swadaya masyarakat 4 dusun yaitu Dusun Candi Pos, Dusun Candi Tengah, Dusun Candi Duwur, Dusun Ngampel Desa Sengi, untuk membangun jembatan secara bergotong royon adapaun untuk bahan yang digunakan yaitu memakai glugu / batang pohon kelapa agar jembatan lebih kuat dan tidak seperti jembatan yang menggunakan bambu serta hanyut terbawa banjir lahar dingin. Sudah 4 jembatan darurat yang dibuat masyarakat Dusun Candi Pos dan Candi Tengah namun keempat jembatann itu hanyut terbawa lahar dingin. Jembatan Cinta sangat membantu masyarakat di 2 kecamatan yaitu Kecamatan Dukun dan Kecamatan Sawangan sebagai penghubung jalur ekonomi dan pendidikan bagi anak-anak sekolah dari Kecamatan Dukun yang sekolah di daerah Sawangan, jembatan ini juga sebagai jalur evakuasi di Desa Sengi dan Desa Tlogolele.” Lanjut Wawan.
(BDY-LJ/editor: EM-LJ)

free counters

0 komentar:

Posting Komentar

Saran dan kritik merupakan dorongan bagi kami untuk selalu berupaya ada. Silahkan berkomentar, jangan lupa kasih nama dan alamat, hanya yang meninggalkan identitaslah kami akan merespon.

Followers

AutoBacklinkGratisFree Promotion LinkFree Smart Automatic BacklinkMalaysia Free Backlink Services MAJLIS LINK: Do Follow BacklinkLink Portal Teks TVjapanese instant free backlink Free Plugboard Link Banner ButtonFree Automatic Backlink Service Free Auto Backlink Free Automatic Backlink
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost