Rabu, 18 Januari 2012

Perlunya Melatih Suara Kita


Suara atau vokal manusia berbeda-beda satu sama lain. Dari hasil suara inilah terkadang seseorang mampu terhanyut dengan nada yang diberikan dari suara seseorang. Baik seseorang yang sedang menyanyi ataupun sedang membawakan suatu acara bahkan suara merdu ketika membaca Al-Quran, Adzan dll. Mengingat suara merupakan salah satu bagian yang penting, maka perlu juga diadakan pelatihan mengenai suara, yaitu pelatihan vokal.

Pelatihan ini terlaksana atas ide dari sesepuh organisasi perempuan NU yakni Muslimat NU. Akan tetapi kegiatan ini tidak hanya diikuti oleh muslimat saja, namun juga organisasi lain yang berada di bawah payung NU yakni, Muslimat sendiri, Fatayat dan IPNU-IPPNU. Adapun yang dapat dipetik dari pelatihan ini atau istilahnya adalah manfaatnya menggali potensi seseorang dalam bidang vokal, antara lain apakah orang tersebut bakat dalam hal menyanyi, MC, baca puisi ataukah yang lainnya, lebih dari itu dengan adanya latihan ini para anggota akan lebih saling mengenal satu dengan lainnya, bisa juga bermanfaat sebagai wadah para anggota mengembangkan bakat. 


Suasana pembukaan pada pertemuan yang ketiga kalinya untuk pelatihan vokal yang diikuti oleh Muslimat NU, Fatayat dan IPNU-IPPNU di gedung NU Kecamatan Salaman. (IF-LJ)

Berjam-jam waktu dengan waktu yang berbeda, diharapkan para peserta pelatihan mampu menguasai apa yang sudah diajarkan oleh pelatih serta diharapkan ketika sudah mengerti dan memahami para peserta bisa mempraktikkan di luar ketika ada acara-acara yang membutuhkan teknik ini.Pelatihan tersebut diadakan seminggu sekali pada hari sabtu pukul 15.00 pertemuan berdurasi satu jam, adapun pelatihan ini dilaksakan dalam satu paket dengan delapan kali.

Pelatihan vokal pada pertemuan yang ketiga diadakan pada tanggal 14 Januari 2012  dihadiri oleh kurang lebih 70 peserta dari berbagai kalangan, laki-laki sejumlah 12  orang dengan  sisanya adalah perempuan. Pada pertemuan kali ketiga ini peserta diajarkan mengenai power suara yakni kekuatan suara yang dimiliki manusia, harus diingat setiap manusia memiliki kekuatan suara berbeda-beda. Satu lagi mengenai teknik pernafasan, diajarkan oleh pelatih bagaimana teknik bernafas yang benar dan agar nafas yang kita miliki menjadi lebih panjang. Ketika berlatih peserta diminta menegakkan bagian punggung dan perut agar nafas lebih panjang dan memiliki power kuat.(IF-LJ/editor:EM-LJ)


free counters

0 komentar:

Posting Komentar

Saran dan kritik merupakan dorongan bagi kami untuk selalu berupaya ada. Silahkan berkomentar, jangan lupa kasih nama dan alamat, hanya yang meninggalkan identitaslah kami akan merespon.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost