http://www.claimfans.com

Senin, 29 April 2013

“SATU POHON SEJUTA SENYUM”


Masih dalam rangka Hari Bumi yang di peringati setiap tanggal 22 april, beberapa relawan yang tergabung dalam Revive Youth Movement (RYM) For Humanity, Laskar Jurnalis (LAJUR) Merapi dan SALAM Merapi bersama dengan MITRA BIBIT mengadakan acara penghijauan di lereng G. Merapi. Acara yang diberi judul “SATU POHON SEJUTA SENYUM” ini diselenggarakan tanggal 28 April 2013 yang bertempat di beberapa titik di lereng G. Merapi.

Acara dimulai dengan serah terima 800 bibit Jabon di beberapa wilayah Desa Sengi, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang. Bibit Jabon secara simbolis diterima oleh Bapak Nur Iksan selaku Kepala Desa (Lurah) Desa Sengi. Setelah itu dilanjutkan ke Dusun Tlogolele, Desa Tlogolele, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali.sebanyak 1000 bibit Jabon diserahkan kepada warga setempat.
serah terima bibit jabon di telogo lele.
serah terima di Desa Sengi yang di wakili oleh Kepala Desa Sengi.

Kemudian acara berlanjut sekitar 1300an bibit dibawa ke Desa Sumber Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang. Dengan dibantu oleh SALAM Merapi, acara penanaman dilakukan di lahan yang dulu adalah pemukiman warga. Menurut mas Kris Babo dari Salam Merapi menerangkan bahwa dulu terdapat pemukiman warga di tempat yang sedang ditanami bibit Jabon. Namun setelah letusan G. Merapi sekitar tahun 1930 penduduk di daerah tersebut di relokasi dan kebanyakan warga berpindah ke luar Jawa. Sekitar 500 bibit kita tanam di lahan itu dan sisanya akan di tanam warga secara mandiri.
”Indahnya kebersamaan, serasa waktu cepat berlalu” ungkap Bapak Jarwo (atau sering dipanggil Pakde Jarwo Kuat) yang juga salah satu anggota Revive Youth Movement (RYM) For Humanity. Acara penanaman pohon diakhiri dengan makan bersama di tempat yang dikelilingi kebun yang tak jauh dari Taman Nasional Gunung Merapi. Menunya pun sederhana, nasi megono atau nasi yang di campur parutan kelapa, toge, ikan teri dan beberapa bumbu lain dengan lauk kerupuk dan gorengan berpiringkan daun pisang. Meskipun sederhana dan diiringi canda tawa, tetapi kebersamaan tercipta sangat harmonis.
Beberapa bibit juga diserahkan kepada warga Dusun Dukuh, Desa Mangun Suko, Kecamatan Dukun. Wawan H.S. (Wancux) Ketua Lajur Merapi berharap acara seperti ini bisa sering dilakukan. ”Tidak hanya penghijauan, tetapi kegiatan-kegiatan bakti sosial yang lain. Selain bermanfaat bagi sesama juga dapat mempererat tali silaturahmi antar relawan” imbuh wawan. RD/LJ
”SATU ALASAN UNTUK MENANAM LEBIH BAIK DARI SERIBU ALASAN UNTUK MENEBANG.”
free counters

0 komentar:

Posting Komentar

Saran dan kritik merupakan dorongan bagi kami untuk selalu berupaya ada. Silahkan berkomentar, jangan lupa kasih nama dan alamat, hanya yang meninggalkan identitaslah kami akan merespon.

Followers

AutoBacklinkGratisFree Promotion LinkFree Smart Automatic BacklinkMalaysia Free Backlink Services MAJLIS LINK: Do Follow BacklinkLink Portal Teks TVjapanese instant free backlink Free Plugboard Link Banner ButtonFree Automatic Backlink Service Free Auto Backlink Free Automatic Backlink
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost