Kamis, 05 Januari 2012

Awal Berdiri Lajur Merapi

Sebelum Pelatihan

Plan Indonesia dan mitra kerjanya yaitu Yayasan Lestari Indonesia menyelenggarakan pelatihan film dokumenter untuk pemuda-pemudi dalam pelaksanaan Program Psychosocial Intervention for Merapi Recovery yang dilaksanakan di 10 Desa 3 Kabupaten (Kabupaten Magelang (Desa Ngargomulyo, Desa Sengi, Desa Krinjing dan Desa Sumber); Kabupaten Sleman (Desa Wukirsari, dan Desa Wonokerto); Kabupaten Klaten (Desa Balerante, Desa Tegalmulyo, Desa Bawukan dan Desa Sidorejo).

Adapun tujuan dilaksanakannya pelatihan video dokumenter salah satunya untuk meliput kegiatan Plan Indonesia bersama Yayasan Lestari Indonesia di 10 Desa. Selain itu juga bertujuan untuk mengembangkan minat serta bakat bagi pemuda-pemudi di 10 Desa dampingan.


Sebelum pelaksanaan pelatihan film dokumenter, semua calon peserta dari 10 Desa yang diwakili 5 orang dari masing-masing desa berkumpul di kantor Yayasan Lestari Indonesia yang beralamat di Yogyakarta untuk saling mengenal dengan desa lain serta mengenal fasilitator yang akan membina selama pelatihan film dokumenter, adapun untuk fasilitatornya yaitu dari axis inside media.

Calon peserta pelatihan film dokumenter berkumpul serta menerima pengarahan dari Direktur Yayasan Lestari Indonesia yaitu Aris Sustiyono, Plan Indonesia dan dari Axis Inside Media (Jum'at 03 Juni 2011).Untuk teknis pelatihan film dokumenter diserahkan kepada kelompok masing-masing desa yang mewakili. Maka tersusunlah jadwal masing-masing desa untuk melaksanakan pelatihan film dokumenter.

Saat Pelatihan

Pelaksanaan pelatihan film dokumenter di Kabupaten Magelang dilaksanakan di Balai Desa Ngargomulyo pada hari Jum'at 10 Juni 2011 yang diikuti oleh Desa Sumber, Desa Krinjing, Desa Sengi dan Desa Ngargomulyo. Adapun untuk kegiatan pelatihan film dokumenter untuk lokasinya bergantian sesuai dengan kesepakatan peserta dan fasilitator, begitu juga sama halnya dengan Kabupaten Sleman (Desa Wukirsari dan Desa Wonokerto) dan Kabupaten Klaten (Desa Bawukan, Desa Balerante, Desa Sidorejo dan Desa Tegalmulyo).

Fasilitator dari Axis Inside Media menunjukan salah satu alat serta fungsinya kepada peserta pelatihan film dokumenter.

Pembentukan Nama Team dari masing-masing desa 

Semua peserta pelatihan film dokumenter dari 10 desa dampingan Plan Indonesia dan Yayasan Lestari Indonesia memberi nama team mereka masing-masing untuk memudahkan masyarakat luas mengenalnya. Adapun untuk pembentukan Lajur Merapi di bentuk pada hari Minggu 24 Juli 2011 di Ngeban Resto.
free counters

0 komentar:

Posting Komentar

Saran dan kritik merupakan dorongan bagi kami untuk selalu berupaya ada. Silahkan berkomentar, jangan lupa kasih nama dan alamat, hanya yang meninggalkan identitaslah kami akan merespon.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost